Case Study By myself

Langkah selanjutnya setelah mengambil salah satu contoh file dengan metode AHP dalam teori keputusan adalah dengan membuat sendiri file expert choice yang metode pengerjaanya adalah dengan metode AHP. File expert choice yang saya buat adalah kasus mengenai pemilihan tempat untuk bisnis warnet. Hal ini dikarenakan akhir-akhir ini teknologi informasi semakin lama semakin berkembang, begitu juga dengan kebutuhan akan akses internet, oleh karena itu sejalan dengan hal tersebut maka bisnis warnet pun semakin berkembang. Sebagai mahasiswa UI, tempat yang paling potensial untuk dijadikan tempat bisnis warnet tersebut adalah kukusan teknik, gang senggol, dan margonda yang dijadikan sebagai alternative pilihan. Pemilihan tempat ini juga didasarkan ada ketiga orang teman saya yang sudah memulai bisnis warnet di masing-masing salah satu dari ketiga tempat tersebut dan cukup berhasil dengan bisnis warnetnya masing-masing. ujuan utamanya adalah memilih tempat yang tepat untuk dijadikan tempat dibuatnya bisnis warung internet(warnet), dengan kriteria adalah kondisi bangunan, lokasi, biaya, aspek kompetisi, dan aspek sosial.Untuk pembobotannya sendiri, bobot yang paling besar diberikan pada Lokasi, dilanjutkan dengan kondisi bangunan, biaya, aspek kompetisi dan ekonomis, serta yang terakhir adalah aspek social. Aspek lokasi terdiri dari dekat dengan kampus, dekat dengan pemilik bisnis, dan dekat dengan pemukiman. Aspek kondisi bangunan terdiri dari lama bangunan sudah berdiri, luas bangunan, dan besar pasokan energy listrik, kemudian aspek biaya terdiri dari besar biaya sewa tempat, paket pembayaran, dan besar biaya renovasi tempat. Aspek kompetisi dan ekonomis terdiri dari banyaknya warnet pesaing, banyaknya hotspot di sekitar bangunan, dan keberhasilan pebisnis lain di daerah tersebut. Dan terakhir aspek social terdiri dari kedekatan dengan pemilik bangunan, hubungan baik dengan warga sekitar bangunan dan data masa lalu yang baik terhadap keamanan daerah tersebut. Hasil akhirnya adalah tempat yang saya pilih untuk bisnis warnet adalah kukusan teknik.

4 Comments

  1. kasus yang lo buat oke juga tuh wo….. tentang pemilihan tempat untuk bisnis warnet…tapi dimanapun warnetnya , jangan sampe bervirus ya…..
    Trus tempata yang lo pilih kukusan teknik kan tuh,,,, Tapi kebanyakan warnetnya bervirus wo… TRus…trus,, GImaNa Donk??????
    M<endingan ngenet di jurusan aja kali ye….

  2. bowo..ide lo bagus juga tentang pemilihan watnet tapi boleh kasih ide lagi…kriterianya tambahain wo yaitu kecepatan transfer data maksudnye loadingnya..kan kalo murah tapi loadingnya payah gak oke juga…trus jangan berviru gitu..masa abis ngenet harus format flashdisk..ini cuma saran sey..yah anggep aja voice of customer jadi kan bisa dapet daftar customer need (yang ini bukan kebuthan laten) trus dbuat matrixnya deh..
    mo buka usaha warnet di kutek wo?? yah semoga sukses y..

  3. nah…

    karena hasil keputusannya adalah di kukusan teknik, kapan jadinya nih warnet?
    jgn supermarket aja yang digedein…

    kan klo ada warnet gratisan di kutek lumayan tuh buat kita (baca:penulis)

  4. iya nich bowo

    kan dulu lu berternak virus tuh

    kalo lu buat tempat warnet jangan-jangan bukan berternak tapi pabrik virus

    trus gimana dong??

    jawabannya gw gak tau

    yaudah


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment