Google Apps

Google Apps merupakan layanan perangkat komunikasi dan kolaborasi sederhana namun bisa dibilang sangat canggih. Dimana layanan ini ditujukan untuk memberikan kemudahan kepada suatu organisasi yang membutuhkan layanan Powerfull dengan harga murah bahkan gratis. Dengan memiliki account gratis di Google Apps berarti sudah memiliki beberapa layanan yang siap diberikan kepada penguna atas nama domain kita, layanan yang diberikan berupa satu paket yaitu Account Gmail, Google Calendar, Google Talk dan Docs & Spreadsheets.

Dari layanan ini kita bisa memanfaatkan layanan e-mail gratis 2GB, dimanakah istimewanya? istimewanya adalah kapasitas 2GB ini bisa kita pergunakan untuk domain yang sudah kita miliki.

Persyaratan:
Sudah memiliki account e-mail gratis @gmail.com , atau anda bisa signup terlebih dahulu di http://mail.google.com/mail/signup
Sudah memiliki nama domain sendiri

Langkah-langkah:
1. Buka alamat URL : http://www.google.com/a/cpanel/domain/new
2. Login menggunakan user e-mail Anda di Gmail
3. Pilih/masukkan nama domain Anda [yang sudah terdaftar dan exist], lalu klik tombol Use my domain 4. Isikan data-data pada form seperti biasa apabila registrasi, setelah selesai klik Continue
5. Tentukan username untuk control panel Google Apps Anda nanti, account ini nantinya akan jadi admin dari account google aps anda, misal kami coba dengan contoh, admin@ar3ma.org, kemudian klik I accept. Continue with set up
6. Setelah selesai, anda akan otomatis login sebagai, dan akan tampil halaman Verifikasi.
7. Langkah selanjutnya adalah Verifikasi kepemilikan domain, ada 2 cara yang bisa dilakukan. Disini dijelaskan salah satu cara yang kami yakin mudah dilakukan, yakni Upload an HTML file. Langkah ini dengan membuat 1 file HTML berisi kode yang diberikan Google lalu diletakkan di www root domain. contoh dalam hal ini “googlefffffcaxxxx” anda masukkan pada file kosong dan rename sebagai ” googlehostedservice.html” Lalu klik verify. Google akan memverifikasi domain anda.
8. Langkah berikutnya klik tombol E-mail untuk melihat setting MX dari Gmail, dan tinggal menuruti kata kata google pada wizard, anda akan mudah melakukannya. Disini kita diminta untuk melakukan setting Mail Exchange (MX) records (MX-Record merupakan alamat Mail-eXchange server. Jadi berguna untuk menunjukkan alamat Mailbox domain-name bersangkutan) Mail Exchange (MX) rekord akan mengontrol bagaimana email masuk kemudian diarahkan kedomain kita. Sebelum Google bisa mengarahkan ke email, kita perlu mengubah Mail Exchange (MX) Record ini untuk menunjuk kepada server Google.

Pada pilihan Showing instructions for kita bisa memilih alamat Hosting atau DNS gratis yang saat ini kita gunakan. karena saya pribadi menggunakan layanan gratis DNSPark jadi saya hanya menjelaskan pada layanan ini saja.

Setting Mail Exchange (MX) Pada layanan DNSPark:

  • Log in ke account DNS Park.
  • Klick DNS Hosting.
  • Pilih nama domain kamu yang akan digunakan untuk Google Apps.
  • Click Mail Records (MX).
  • Pada MX Resource records, pertama kali masukan data dibawah:

Mail Domain

Priority

Hostname

(auto-filled)

1st

ASPMX.L.GOOGLE.COM.

  • Klik Update.
  • Ulangi seperti langkah pertama untuk masukan data MX record dibawah ini:

Mail Domain

Priority

Hostname

(auto-filled)

2nd

ALT1.ASPMX.L.GOOGLE.COM.

(auto-filled)

3rd

ALT2.ASPMX.L.GOOGLE.COM.

(auto-filled)

4th

ASPMX2.GOOGLEMAIL.COM.

(auto-filled)

5th

ASPMX3.GOOGLEMAIL.COM.

(auto-filled)

6th

ASPMX4.GOOGLEMAIL.COM.

(auto-filled)

last

ASPMX5.GOOGLEMAIL.COM.

  • Jika sudah klik update kembali

Pada DNSPark setting akan tampak sebagai berikut:
http://bp0.blogger.com/_C6KkooKXCEw/R7tBtHkvHSI/AAAAAAAABrQ/gNHc2TUwvlE/s400/6.gif

Sampai tahapan ini setting MX record pada DNSPark sudah selesai.
Kembali lagi ke halaman Google Apps, Tuju kembali icon Email lalu pilih link “Activate email” karena kita sudah melakukan setting untuk Mail Exchange (MX), langkah terakhir tekan tombol “i have complete these steps”

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment